Share |

Monday, February 7, 2011

Cara Pasang Search Engin (Mesin Pencari)

Kelihatannya memang sangat menarik setelah memilki blog, rasanya tampilan kurang OK bila tidak memilki si Mesin Pencari (Search Engin) dalam sbuah blog. Bagi pemula seperti saya sih memang terhitung runyam juga caranya dan repot, tapi hal itu saya alami pada awalnya. kwkwkwkwkwk.... 
Intinya bro, saya ingin berbagi saja buat para pemula (Newbe) sperti saya dan ternyata caranya gampang. Adapun cara pasang Searh Engin ini ada 2 cara yaitu :
Cara Pertama (1)
Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Login ke blog
  2. Pada Dasbor Blog >>> Pilih Rancangan
  3. Pilih Tambah Gadget >>> Pilih Kotak Penulusuran
Selesai...eits tunggu dulu, jangan lupa save perubahan anda dengan klik Simpan/Save. Dan sebagai catatan bahwa anda bisa meletekkan gadget tadi pada kolom "Tambah Gadeget" manapun yang adna suka baik disamping/diatas/dibawah dengan cara klik dan tahan kolom gadget tadi dan tarik kearah klom Tambah Gadget yang anda ingin dan Simpan.

Cara Kedua (2)
Cara ini agak lebih rumit sdikit dan sdikit rumit doank bagi pemula seperti saya dan hal ini tentunya WAJIB dilakukan bagi anda yang sudah terhubung dengan ADSENSE. Hal ini pernah saya baca pada aturan main Google tentang penambahan gadget secara Otomatis seperti cara pertama (1) "bahwa penambahan galat otomatis tidak dibenarkan bagi pengguna Adsense karena akan dianggap sebagai kegiatan SPAM". Buat saya sih awalnya tanda tanya besar, kenapa pasang fitur Tambah Gadget yang memiliki plihan Kotak Penulusuran kalo memang dilarang dan JAWABANNYA setelah saya pikir panjang adalah hal ini buat pengguna blog yang tidak terhubung dengan Adsense dan yang kedua adalah yang bekaitan OTOMATIS dalam google itu sering kali saya dapati sebagai penggapan SPAM.
Adapun langkah kedua ato manual ini adalah :
  1. Login ke blog
  2. Pada "Dasbor Blog" >>> Pilih "Rancangan"
  3. Pilih "Tambah Gadget" >>> "HTML/Java Script"
  4. "New Tab/Jendela Baru" >>> Masuk ke "Adsense"
  5. Pilih "Konfigurasi Adsense" >>> "Adsense untk pencarian"
  6. Disana ada "Jenis Pencarian" >>> pilih "Seluruh Web"
  7. Pada "Ubah sesuaian" >>> pilih "Tambah chanel baru" dan berikan nama chanel/gadget tersebut
  8. Klik "Lanjut"
  9. Pada window ini (Adsense untuk penulusuran), disana ada pilihan "Panjang kotak teks" >>> masukkan jumlah karakter/huruh (nominal). Hal ini dimaksudkan adalah pemakaian jumlah huruf yang akan diketik oleh pengunjung anda dalam melakukan pencarian melalui mesin peulusuran dalam blog anda.
  10. klik "Lanjut" bila sudah selesai melakukan prubahan
  11. Pada window selanjutnya, disana ada berbagai pilihan jenis penjelajahan apakah yang akan dilakukan mesin pencari yang anda pasang dalam blog, baik itu dari seluruh web, situs tertentu ato dari situs sendiri.  Dan disana juga terdapat palet/warna baik itu baground/garis tepi/tulisan, dll dari mesin pencari yang akan dipasang, silahkan pilih ada atur sendiri.
  12.  Klik "Lanjut" >>> pada laman berikutnya disana ada kolom/kotak kecil untuk anda centang, sebagai perjanjian bentuk penggunaan mesin pecari sebagai fitur dalam blog anda, klik saja dan selanjutnya
  13. Klik "Kirim dan Dapatkan Kode"
  14. Dalam laman selanjutnya ini, anda blok seluruh kode  script tersebut dan copy
  15. Dan kita kembali ke bagian window Rancangan tadi pasal 5 (Pilih Tambah Gadget >>> HTML/Java Script)
  16. Paste ke dalam "HTML/Java Script" dan "Simpan"
Selesai....


Cara kedua ini memang agak sedikit runyam, tapi kalo sudah terbiasa akan jauh lebih mudah dan sebagai catatan bahwa dalam satu blog hanya di ijinkan max 2 mesin pencari yang terpasang.
Dan sebagai catatan tambahan pula bahwa anda harus terbiasa dengan script/html...hal ini dikarenakan pelajaran selanjutnya akan banyak memakai script.

gooooooooog luck bro

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih atas komentar anda

    Jelajahi Duniamu

    AdsCamp

    Free Submit/Add Url