Share |

Monday, January 31, 2011

Mengelola Iklan Adesense

Untuk mengelolah iklan atau untuk menampilkan iklan pada blog bagi pengguna blog yang masih begitu awam memang sulit, hal yang sama saya alami ketika juga baru pertamakali menggeluti blog ini sebagai hobbi untuk menulis apalagi ketika disaat itu saya hanya belajar secara otodidak dan hanya ditemani oleh buku bahkan pernah di D.O.

Agar tidak panjang lebar curhatnya, maka adapun cara menampilkan iklan google dengan bekerjasama  dengan adsense adalah sebagai berikut :

1. Silahkan Login dulu melalui Google Sigin
2. Pilih Setelan Akun Google untuk menuju Google Account milik anda
3. Pada Jendela Akun anda, pilih Adsense.
 Disini anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran pada Adsense, silahkan isi data yang diperlukan dan jangan lupa sebelumnya anda pilih teks bahasa Indonesia untuk memudahkan anda dalam melakukan proses pengisian data dan yang paling penting adalah simak police atau privaci (aturan main) secara baik. Biasanya hasil pendaftaran anda pada google adesense tadi akan dijawab melalui email paling lambat setelah 7 hari. Namun jangan khawatir, pada kasus saya sendiri setelah 3 hari pendaftaran saya sudah bisa mengaksesnya dan tentunya hal ini anda bisa coba juga.

4.  Setelah login atau masuk di adsense, maka silahkan pilih menu Konfigurasi Adsense (lihat gambar)


dan setelah itu maka akan tampil  seperti pada gambar berikut dan kemudian klik tajuk seperti yang ditandai (lingkaran merah):


maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini :


pada kasus seperti di atas silahkan pilih model iklan yang anda kehendaki, Unit Iklan atau Unit Tautan. Pada Unit Iklan terdapat 3 pilihan iklan yang berupa teks dan gambar, hanya teks, atau hanya gambar saja dan pada Unit Tautan, iklan yang akan ditampilkan hanyalah berupa teks saja namun keuntungannya adalah akan banyak iklan yang bisa ditampilkan daripada iklannya berupa teks dan gambar atau hanya gmabar.

Berikutnya adalah kita coba memakai Unit Iklan dengan pilihan hanya teks (lihat gambar)


Kemudian akan tampil laman seperti dibawah ini


Pada gambar centang merah nomor 1  merupakan ukuran format teks iklan, disana ada banyak pilahan ukuran. Silahkan anda pilih sesuai selera dan ukuran taksiran kolom penempatan pada blog anda. Kemudian pada bagian kedua nerupakan pilihan warna iklan yang anda inginkan, disana juga terdapat keterangan untuk anda atur warnanya sendiri dengan mengklik kolom warnanya. Dan terakkhir pada bagian 3 bidang tandai merupakah hasil perubahan yang anda lakukan pada bagian 1 dan 2. Setiap perubahan yang anda lakukan akan ditampilkan secara langsung.

Dan kemudian paling akhir adalah silahkan kursor menu tersebut kebawah dengan mengklik "Lanjut" dan akan tampil seperti gambar dibawah ini
 Setelah muncul seperti gambar diatas maka, yang anda harus lakukan adalah menambah chanel iklan : maksudnya disini adalah penempatan unit iklan dalam postingan, apakah itu posisinya pada pojok kiri/kanan atas samping postingan, atau dibawah postingan dll. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan hal ini tentu daftar chanel anda belum ada dan oleh karena itu anda harus membuatnya terlebih dahulu dan berikut tinggal pakai saja. Adapun cara menambah chanel adalah dengan mengklik "Tambah Chanel Baru" (Lihat yang dilingkari) dan selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut :
 Jika sudah tampil seperti gambar diatas maka selanjutnya adalah memberi nama chanel sesuai dengan tempat penempatan iklan yang kita inginkan, misalnya anda menginkan iklan anda berada diatas postingan maka nama chanelnya adalah "Pojok Atas Tengah" atau anda ingin iklannya berada disamping postingan maka nama chanelnya adalah "Kiri atau Kanan Atas". Saya sarankan anda membuat chanel hingga empat chanel. Hal ini dimaksudkan agar iklan yang anda tempatkan nantinya tidak hanya berada di satu posisi saja nantinya. Dan setelah itu anda klik "Lanjut" dan akan tampil gambar seperti dibawah ini
Setelah tampil seperti digambar diatas maka silahkan anda copy bannernya pada kolo "Kode Unit Adsense" dan dipaste pada laman "New Tab/Jendela Baru >> Rancangan >> Tambah Gadget >> HTML/Java Script dan Simpan. Adapun urutannya secara visual sebagai berikut ;


 Setelah perubahan diatas anda simpan/save maka untuk melihat kerhasilan unit iklan yang anda tempatkan maka silahkan lihat petunjuk berikiut ini
 
 pada kata "Lihat Blog" yang latar kuning,anda lakukan klik kanan dan copy link location dan paste pada laman konfigurasi adsense tadi pada kolum "Masukkan ULR dan klik "Pertinjau pada halaman  ini "
maka hasilnya akan tampak sebagai berikut


 Selesai.

 Ok sobat, iklan anda sudah berada di postingan dengan posisi Kiri/Kanan Atas. Semakin anda sering mengutak-atik kegiatan diatas maka semakin anda faham tentang penempatan iklan dan muadah-mudahan anda dan saya dibanjiri dollar gara-gara iklan.....wkwkkkwkwkwkwk.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar anda

Jelajahi Duniamu

AdsCamp

Free Submit/Add Url